Tuesday, May 5, 2020

10 TRIK MICROSOFT WORD

| Tuesday, May 5, 2020


Hampir setiap pengguna komputer pasti mengenal program Microsoft Word atau Ms Word. Ms Word sendiri banyak digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah seperti Makalah, Laporan, dan Skripsi. Pada dasarnya program ini memang dikhususkan untuk mengolah kata.


Meski sering menggunakan Ms Word, namun tentu tidak semua pengguna mampu bekerja dengan efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Nah, kali ini TerasOffice akan berbagi mengenai 10 Trik Ms Word untuk Mempermudah dan Mempercepat Pekerjaan :
  1. Ctrl+Space Bar untuk Mengubah Format Teks ke Teks Normal. Yaitu dengan menyeleksi teks yang berantakan kemudian menekan Ctrl+Space Bar, maka format teks akan menjadi default atau normal.
  2. Ctrl+Shift+ > untuk Memperbesar atau  Ctrl+Shift+< untuk  Memperkecil yaitu block teks yang akan diubah ukurannya, kemudian tekan Ctrl+Shift+> untuk memperbesar dan Ctrl+Shift+< untuk memperkecil.
  3. Blok Satu Kata Lebih Mudah dengan 2x Klik. Memblok Cara yang umum digunakan adalah klik dan drag, klik dari huruf pertama sampai terakhir. Namun ada cara yang jauh lebih cepat untuk menyeleksi satu kata yaitu dengan meng-Klik 2x kata yang ingin diseleksi.
  4. Klik 3x untuk Menyeleksi Satu Paragraf. Cukup dengan klik 3x pada pada bagian manapun di paragraf yang ingin diseleksi maka paragraf akan terseleksi secera otomatis.
  5. Shit+F3 untuk Mengubah Teks ke Bentuk UPPURCASE, Sentence case, atau lowecase. 
  6. CTRL+Klik Untuk Memblok Satu Kalimat. Untuk memblok satu kalimat ditengah paragraf.
  7. Shift+F5 untuk Melompat ke Bagian Paling Aktif pada File. Untuk lebih efisien, tekan Shift+F5 maka halaman akan meloncat-loncat ke bagian yang paling aktif pada file. Bagian aktif yang dimaksud merupakan bagian yang sering di edit atau terakhir kali di edit.
  8. Membuat Halaman Baru Lebih Cepat dengan Ctrl+Enter. Untuk lebih cepat beralih ke halaman baru dan tidak merubah halaman di bawahnya.
  9. Membubuhkan Hyperlink Referensi dengan Ctrl+K. Seperti halnya Copy Paste yang jauh lebih efisien jika menggunakan shortcut key Ctrl+C dan Ctrl+V. Hyperlink juga dapat dibuat lebih cepat dengan Ctrl+K.
  10. Meng-Cut dan Paste Banyak Teks dengan Ctrl+F3 (SPIKE). Sering kali dalam mengerjakan tugas kita membutuhkan beberapa paragraf dari sejumlah dokumen. Terkadang yang kita butuhkan berada di halaman yang berbeda atau bahkan di dokumen yang berbeda. Dari pada bolak-balik halaman untuk Copy atau Cut Paste, lebih efisien dengan SPIKE. Caranya, blok semua teks yang diinginkan kemudian tekan Ctrl+F3, kemudian pilih bagian lainnya dan lakukan cara yang sama. Jika ingin Undo, tekan Ctrl+Z. Ketika semua bagian telah dipilih, selanjutnya paste dengan Ctrl+Shift+F3 maka semua bagian tersebut akan tampil.

Baca juga tutorial lainnya pada DAFTAR ISI

Related Posts

No comments:

Post a Comment