Tuesday, April 28, 2020

MICROSOFT ONENOTE

| Tuesday, April 28, 2020

Bagi kamu pengguna Microsoft Office, pasti sudah tidak asing lagi dengan Word, PowerPoint, dan Excel. Tetapi bagaimana dengan Microsoft OneNote?

Apa itu OneNote?
Microsoft OneNote adalah aplikasi Office yang berfungsi seperti kertas catatan, dimana kamu bisa menulis, menggambar, memasukkan obyek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja.

Berbeda dari Microsoft Word, di OneNote kamu bisa menulis dan meletakkan apapun di tempat manapun yang kamu suka. Hampir sama seperti saat mencorat-coret di kertas, di OneNote kamu juga bebas untuk meletakkan elemen catatan.

Dimana Bisa Menemukan OneNote?
OneNote menjadi bagian dari paket Microsoft Office dan juga disediakan secara gratis di Office Web App. Sayangnya OneNote gratis di Office Web App memiliki fitur yang minim seperti dihilangkannya menu Draw, dsb. OneNote juga tersedia untuk platform mobile seperti iOS, Android, Windows Phone dan Symbian.

Apa Manfaat OneNote?
Seperti halnya buku catatan, OneNote bisa kamu gunakan untuk menulis apa saja. Misalnya saja :
  • Menulis To do List
  • Mencatat Ide
  • Membuat Project Plan
  • Menulis Resep
  • Mencatat Shopping List
  • Mengkomentari Desain
  • Menulis Quick Notes
  • dan sebagainya..
  • Kapanpun kamu memerlukan catatan, atau ingin mencatat sesuatu secara digital, kamu bisa melakukannya di OneNote.

Apa Kelebihan OneNote?
Dari sekian banyak software untuk mencatat sesuatu, OneNote memiliki beberapa kelebihan seperti:

Terintegrasi dengan Microsoft Office

Kamu bisa memasukkan berbagai dokumen Office lain seperti Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook kedalam OneNote. Kemudian kamu bisa mengkomentari, menambahkan catatan, atau mencorat-coret sesuai keperluan.

Bisa Memasukkan Apa Saja Dimana Saja

Kamu bisa menambahkan checklist, gambar, dokumen office, catatan, tulisan tangan, coretan, screenshot, highlighter (stabilo), data, grafik, audio, dan berbagai elemen lainnya. Posisi meletakkan elemen tersebut juga tidak dibatasi oleh area, artinya kamu bisa meletakkannya di area manapun yang kamu inginkan.

Sinkronisasi dengan OneDrive

OneNote khususnya di versi Office 365 sudah otomatis tersinkronisasi dengan OneDrive. Dengan begitu dokumen kamu akan tersimpan secara online dan bisa diakses dimanapun.

Mudah dalam Berkolaborasi dan Berbagi Catatan

Dokumen OneNote (notebooks) bisa dibagikan dengan rekan kerja atau teman melalui menu share yang telah disediakan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja dan menyelesaikan catatan secara bersama-sama.

Apa Kekurangan OneNote?
Dari segi fitur dan kemudahan, OneNote hampir tidak memiliki kekurangan. Software ini menjadi software pencatat dengan fitur yang paling lengkap.

Baca juga tutorial lainnya pada DAFTAR ISI

Related Posts

No comments:

Post a Comment